Kelas : 3EA13
NPM : 15210115
METODE RISET
PROPOSAL
Latar Belakang
Pemerintah
dewasa ini sedang dituntut melaksanakan pembangunan dan dituntut pula untuk
melakukan perubahan di segala bidang. Salah satunya adalah tuntutan kepada
masyarakat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan
sebaik-baiknya.
Dalam era
globalisasi saat ini, Indonesia
ditantang untuk terus membangun dalam segala bidang demi tercapainya masyarakat
yang adil dan makmur. Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembangunan nasional
yang hakekatnya adalah pembangunan nasional yang seutuhnya berikut
masyarakatnya seutuhnya.
Untuk
mencapai tujuan tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang sehat jasmani dan
rohani. Maka pemerintah telah berupaya meningkatkan kesehatan melalui
penyediaan sarana kesehatan, salah satunya adalah Rumah Sakit.
Perkembangan
Rumah Sakit sekarang ini mengalami transformasi besar. Pada perkembangannya
Rumah Sakit didirikan umumnya untuk kebutuhan menyehatkan masyarakat dan
diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas dari semua
kalangan dengan sebaik-baiknya.
Rumah
Sakit adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dimana dalam
menjalankan kegiatannya diperlukan tenaga kerja cukup banyak yang menguasai
teknologi, alat-alat medis, pelayanan fasilitas dan sarana yang memadai,
penyediaan makanan, peralatan serta sistem manajemen admistrasi yang
terkoordinasi dengan baik, karena pelayanan dengan mutu atau kualitas yang
terbaik akan dipilih oleh para konsumen, apalagi sebagai perusahaan perusahaan
yang bergerak dibidang jasa tentunya peningkatan pelayanan merupakan hal yang
sangat penting yang harus diperhatikan.
Masalah dan Tujuan
Masalah :
1. bagaimana pengaruh faktor lokasi
terhadap kepuasaan konsumen terhadap RS.
Rawa Lumbu.
2. bagaimana pengaruh faktor kehandalan
terhadap kepuasaan konsumen
RS. Rawa Lumbu.
3. bagaimana pengaruh faktor fasilitas
terhadap kepuasaan konsumen RS. Rawa Lumbu.
Tujuan:
1. untuk mengetahui bagaimana pengaruh faktor
lokasi terhadap kepuasaan
Konsumen RS. Rawa Lumbu.
2. untuk mengetahui bagaimana pengaruh
faktor kehandalan terhadap kepuasaan
Konsumen RS. Rawa Lumbu.
3. untuk mengetahui bagaimana pengaruh
factor fasilitas terhadap kepuasaan
Konsumen RS. Rawa Lumbu.
Kerangka Pemikiran
Kepuasaan Konsumen (Y)
Lokasi (x1)
Kehandalan (x2)
Fasilitas (x3)
Teori
Definisi Rumah Sakit
Menurut WHO (World Health Organization), rumah sakit adalah bagian
integral dari suatu organisasi sosial dan kesehatan dengan fungsi menyediakan
pelayanan paripurna (komprehensif), penyembuhan penyakit (kuratif) dan
pencegahan penyakit (preventif) kepada masyarakat. Rumah sakit juga merupakan
pusat pelatihan bagi tenaga kesehatan dan pusat penelitian medik.
Berdasarkan undang-undang No. 44 Tahun 2009 tentang rumah sakit,
yang dimaksudkan dengan rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang
menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang
menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat.
Definisi Kepuasaan Konsumen
Menurut Philip Kotler (1997:36) Kepuasan konsumen adalah perasaan
senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya
terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.
Tugas dan
Fungsi Rumah Sakit
Rumah Sakit Umum mempunyai misi memberikan pelayanan kesehatan yang
bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat
kesehatan masyarakat. Tugas rumah sakit umum adalah melaksanakan upaya
pelayanan kesehatan secara berdaya guna dan berhasil guna dengan mengutamakan
penyembuhan dan pemulihan yang dilaksanakan secara serasi dan terpadu dengan
peningkatan dan pencegahan serta pelaksanaan upaya
rujukan.
Penelitian Terdahulu
Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen
Judul Jurnal:
Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan RS.
Rawa Lumbu
Pengarang/Tahun:
Nur Anastatia, 2012.
Latar
Belakang:
Pemerintah
dewasa ini sedang dituntut melaksanakan pembangunan dan dituntut pula untuk
melakukan perubahan di segala bidang. Salah satunya adalah tuntutan kepada
masyarakat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan
sebaik-baiknya.
Dalam era
globalisasi saat ini, Indonesia
ditantang untuk terus membangun dalam segala bidang demi tercapainya masyarakat
yang adil dan makmur. Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembangunan nasional yang
hakekatnya adalah pembangunan nasional yang seutuhnya berikut masyarakatnya
seutuhnya.
Untuk
mencapai tujuan tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang sehat jasmani dan
rohani. Maka pemerintah telah berupaya meningkatkan kesehatan melalui
penyediaan sarana kesehatan, salah satunya adalah Rumah Sakit.
Perkembangan
Rumah Sakit sekarang ini mengalami transformasi besar. Pada perkembangannya
Rumah Sakit didirikan umumnya untuk kebutuhan menyehatkan masyarakat dan
diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas dari semua
kalangan dengan sebaik-baiknya.
Rumah
Sakit adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dimana dalam
menjalankan kegiatannya diperlukan tenaga kerja cukup banyak yang menguasai
teknologi, alat-alat medis, pelayanan fasilitas dan sarana yang memadai,
penyediaan makanan, peralatan serta sistem manajemen admistrasi yang
terkoordinasi dengan baik, karena pelayanan dengan mutu atau kualitas yang
terbaik akan dipilih oleh para konsumen, apalagi sebagai perusahaan perusahaan
yang bergerak dibidang jasa tentunya peningkatan pelayanan merupakan hal yang
sangat penting yang harus diperhatikan.
Perumusan Masalah:
Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap
pelayanan RS. Rawa Lumbu.
Batasan Masalah:
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada
tingkat kepuasan konsumen/pasien terhadap pelayanan RS. Rawa Lumbu.
Tujuan Penelitian:
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen/pasien
terhadap pelayanan RS. Rawa Lumbu.
Metodologi Penelitian:
Data Penelitian:
Objek dalam penelitian ini adalah RS Rawa Lumbu
yang bertempat di jalan Dasa
Darma No. 20-23, Rawa Lumbu, Bekasi Selatan, Jawa Barat. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 50
responden yang menjadi pasien RS. Rawa Lumbu.
Variabel Penelitian:
Data yang digunakan menggunakan kuesioner dengan 5
dimensi yaitu:
1.)Tarif : tarif
rumah sakit untuk melakukan tindakan medis terhadap pasien. Misalnya
tarif yang di
tetapkan rumah sakit untuk rawat inap atau operasi.
2.) Lokasi : lokasi rumah sakit yang strategis.
Misalnya: lokasi RS. Rawa Lumbu yang dekat dengan perumahan.
3.) Kehandalan : kemampuan dokter dan perawat dalam melakukan
tindakan medis kepada pasien. Misalnya: ketepatan waktu pelayanan yang
diberikan kepada pasien
4.)Fasilitas : fasilitas
yang dimiliki rumah sakit. Misalnya: kebersihan dan kelengakapan fasilitas yang
di miliki rumah sakit untuk pasien.
5.)Jaminan : jaminan yang
diberikan rumah sakit terhadap pasien. Misalnya: jaminan pasti yang diberikan dokter dan
perawat dalam melakukan tindakan medis kepada pasien.
Tahapan Penelitian:
Tahapan dalam penelitian ilmiah ini adalah sebagai
berikut:
1) Metode angket: Penulis akan
memberikan beberapa pertanyaan kepada para pengunjung RS. Rawa Lumbu untuk
mendapatkan data yang diinginkan.
2) Metode observasi: Penulis
melihat secara langsung keadaan atau situasi yang terjadi di RS. Rawa Lumbu.
Model Penelitian
Model
Matematis
Y
= a+b1x1+b2x2+b3
Dimana:
Y
= kepuasaan Konsumen
a = konstanta
x1
= variabel lokasi
x2
= variabel kehandalan
x3
= variabel fasilitas
b1
= koefisien regresi x1
b2
= koefisien regresi x2
b3 = koefisien regresi x3
Hipotesis
Kepuasaan
konsumen terhadap pelayanan RS. Rawa Lumbu di pengaruhi oleh lokasi, kehandalan,
dan fasilitas.
Metodologi
Data dan Sumber Data
Data yang
digunakan berupa data primer, dengan menyebarkan kuesioner kepada pasien RS.
Rawa Lumbu, yang pernah dating untuk berobat.
Variabel
dan tahapan Penelitian:
Variabel
Penelitian
Data yang digunakan menggunakan kuesioner dengan 5
dimensi yaitu:
1.) Tarif :
tarif rumah sakit untuk melakukan tindakan medis terhadap pasien. Misalnya :
tarif yang di tetapkan rumah sakit untuk rawat inap atau operasi.
2.) Lokasi :
lokasi rumah sakit yang strategis. Misalnya: lokasi RS. Rawa Lumbu yang dekat
dengan perumahan.
3.) Kehandalan :
kemampuan dokter dan perawat
dalam melakukan tindakan medis kepada pasien. Misalnya: ketepatan waktu
pelayanan yang diberikan kepada pasien
4.) Fasilitas : fasilitas yang dimiliki rumah sakit. Misalnya: kebersihan
dan kelengakapan fasilitas yang di miliki rumah sakit untuk pasien.
5.) Jaminan : jaminan yang diberikan rumah sakit terhadap pasien.
Misalnya: jaminan pasti yang diberikan
dokter dan perawat dalam melakukan tindakan medis kepada pasien.
Tahapan
Penelitian:
Tahapan dalam penelitian ilmiah ini adalah sebagai
berikut:
1) Metode angket: Penulis akan
memberikan beberapa pertanyaan kepada para pengunjung RS. Rawa Lumbu untuk
mendapatkan data yang diinginkan.
2) Metode observasi: Penulis
melihat secara langsung keadaan atau situasi yang terjadi di RS. Rawa Lumbu.
Model
Penelitian
Model
Matematis
Y
= a+b1x1+b2x2+b3
Dimana:
Y
= kepuasaan Konsumen
a = konstanta
x1
= variabel lokasi
x2
= variabel kehandalan
x3
= variabel fasilitas
b1
= koefisien regresi x1
b2
= koefisien regresi x2
b3
= koefisien regresi x3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar