Kelas : 3EA13
NPM : 15210115
METODE RISET
JURNAL
Pelayanan Terhadap Kepuasaan Konsumen
Judul Jurnal:
Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan RS.
Rawa Lumbu
Pengarang/Tahun:
Nur Anastatia, 2012.
Latar Belakang:
Pemerintah
dewasa ini sedang dituntut melaksanakan pembangunan dan dituntut pula untuk
melakukan perubahan di segala bidang. Salah satunya adalah tuntutan kepada
masyarakat dan membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dengan
sebaik-baiknya.
Dalam era
globalisasi saat ini, Indonesia
ditantang untuk terus membangun dalam segala bidang demi tercapainya masyarakat
yang adil dan makmur. Hal ini sesuai dengan tujuan dari pembangunan nasional
yang hakekatnya adalah pembangunan nasional yang seutuhnya berikut
masyarakatnya seutuhnya.
Untuk
mencapai tujuan tersebut, diperlukan sumber daya manusia yang sehat jasmani dan
rohani. Maka pemerintah telah berupaya meningkatkan kesehatan melalui
penyediaan sarana kesehatan, salah satunya adalah Rumah Sakit.
Perkembangan
Rumah Sakit sekarang ini mengalami transformasi besar. Pada perkembangannya
Rumah Sakit didirikan umumnya untuk kebutuhan menyehatkan masyarakat dan
diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat luas dari semua
kalangan dengan sebaik-baiknya.
Rumah
Sakit adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa, dimana dalam
menjalankan kegiatannya diperlukan tenaga kerja cukup banyak yang menguasai
teknologi, alat-alat medis, pelayanan fasilitas dan sarana yang memadai,
penyediaan makanan, peralatan serta sistem manajemen admistrasi yang terkoordinasi
dengan baik, karena pelayanan dengan mutu atau kualitas yang terbaik akan
dipilih oleh para konsumen, apalagi sebagai perusahaan perusahaan yang bergerak
dibidang jasa tentunya peningkatan pelayanan merupakan hal yang sangat penting
yang harus diperhatikan.
Perumusan Masalah:
Bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap
pelayanan RS. Rawa Lumbu.
Batasan Masalah:
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada
tingkat kepuasan konsumen/pasien terhadap pelayanan RS. Rawa Lumbu.
Tujuan Penelitian:
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen/pasien
terhadap pelayanan RS. Rawa Lumbu.
Metodologi Penelitian:
Data Penelitian:
Objek dalam penelitian ini adalah RS Rawa Lumbu
yang bertempat di jalan Dasa
Darma No. 20-23, Rawa Lumbu, Bekasi Selatan, Jawa Barat. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 50
responden yang menjadi pasien RS. Rawa Lumbu.
Variabel Penelitian:
Data yang digunakan menggunakan kuesioner dengan 5
dimensi yaitu:
1.)
Tarif : tarif rumah sakit untuk
melakukan tindakan medis terhadap pasien. Misalnya : tarif yang di tetapkan
rumah sakit untuk rawat inap atau operasi.
2.)
Lokasi : lokasi rumah sakit
yang strategis. Misalnya: lokasi RS. Rawa Lumbu yang dekat dengan perumahan.
3.)
Kehandalan : kemampuan dokter dan perawat dalam melakukan
tindakan medis kepada pasien. Misalnya: ketepatan waktu pelayanan yang
diberikan kepada pasien
4.)
Fasilitas
: fasilitas yang dimiliki rumah sakit. Misalnya: kebersihan dan kelengakapan
fasilitas yang di miliki rumah sakit untuk pasien.
5.)
Jaminan
: jaminan yang diberikan rumah sakit terhadap pasien. Misalnya: jaminan pasti yang diberikan dokter dan
perawat dalam melakukan tindakan medis kepada pasien.
Tahapan Penelitian:
Tahapan dalam penelitian ilmiah ini adalah sebagai
berikut:
1) Metode angket: Penulis akan
memberikan beberapa pertanyaan kepada para pengunjung RS. Rawa Lumbu untuk
mendapatkan data yang diinginkan.
2) Metode observasi: Penulis
melihat secara langsung keadaan atau situasi yang terjadi di RS. Rawa Lumbu.
Model Penelitian
Model
Matematis
Y
= a+b1x1+b2x2+b3
Dimana:
Y
= kepuasaan Konsumen
a = konstanta
x1
= variabel lokasi
x2
= variabel kehandalan
x3
= variabel fasilitas
b1
= koefisien regresi x1
b2
= koefisien regresi x2
b3
= koefisien regresi x3
Tidak ada komentar:
Posting Komentar