3ea13 / 15210115
PERILAKU KONSUMEN
BAB 4
Evaluasi Alternatif Sebelum
Pembelian
1. Kriteria Evaluasi
ketika berbagai alternatif telah
diperoleh, konsumen melakukan evaluasi alternatif. Evaluasi altenatif tersebut,
dalam keberadaanya ditentukan oleh keterlibatan konsumen dengan produk yang
akan dibelinya.
2. Menenteukan Alternatif Pilihan:
- Teknik Kompensatori yaitu kelebihan suatu produk
dapat menutupi kelemahan produk dari atribut lainnya.
- Teknik Non Kompensatori yaitu skor yang tinggi pada
atribut produk tidak dapat menutupi skor yang rendah pada atribut lain.
3. Menaksir Alternatif Pilihan
Pada tahap ini konsumen akan
menggunakan informasi untuk mengevaluasi merk alternative yang akan mereka
pilih dan pada akhirnya dibeli. Bagaimana konsumen tersebut mengevaluasi
alternative barang yang akan dibeli tergantung pada masing-masing individu dan
situasi pada saat akan melakukan pembelian. Dalam beberapa keadaan ada konsumen
yang menggunakan pemikiran logis dan ada juga yang membeli berdasarkan dorongan
sesaat. Kadang-kadang konsumen mengambil keputusan membeli sendiri;
kadang-kadang mereka bertanya pada teman, petunjuk bagi konsumen, atau
wiraniaga untuk memberi saran pembelian.
4. Menyeleksi Aturan Pengambilan
Keputusan
Setelah konsumen menerima pengaruh
dalam kehidupannya maka mereka sampai pada keputusan membeli atau menolak
produk. Pada tahap ini pemasar dianggap berhasil kalau pengaruh-pengaruh yang
diberikannya menghasilkan pembelian oleh konsumen. Keputusan konsumen,
tingkatan-tingkatan dalam pengambilan keputusan, serta pengambilan keputusan
dari sudut pandang yang berbeda bukan hanya untuk menyangkut keputusan untuk
membeli, melainkan untuk disimpan dan dimiliki oleh konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar