Kelas : 3EA13
NPM : 15210115
Metode Riset =
Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen
Jurnal 2
Judul Jurnal:
Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan
Bagian Unit Rawat Jalan RS. PGI Cikini.
Pengarang/Tahun:
Andi Regan, 2008.
Latar Belakang:
·
Rumah
sakit merupakan suatu lembaga yang menangani orang yang mempunyai masalah dengan
penyakit yang ada di dalam tubuh seiap menusia.
·
Rumah
sakit adalah tempat dimana semua orang mempercayakan kesehatan mereka ditangan
dokter yang bersangkutan dalam bidang penyakit yang berbeda-beda.
·
Setiap
lembaga rumah sakit mempunyai struktur manajemen yang akan mengatur setiap
kegiatan yang dijalankan oleh pihak rumah sakit, semua itu dijalankan sesuai
dengan ketentuan struktur rumah sakit yang ada.
·
Pihak
manajemen yang mengelola rumah sakit merupakan bagian penting yang menjalankan
setiap kegiatan yang dijalankan dengan struktur yang baik.
·
Kepuasan
para pasien atau pengunjung rumah sakit memberikan segala pendapat yang mereka
lihat dari kegiatan menajemen rumah sakit.
·
Kepuasan
seorang pasien rumah sakit adalah bagian terpenting yang harus dijaga oleh
pihak manajemen rumah sakit, apabila terjadi suatu kesalahan yang dialami oleh
seorang pasien, maka akan berdampak negative bagi rumah sakit tersebut.
Perumusan Masalah:
Bagaimanakah mengetahui bagian Unit Rawat Jalan RS
PGI Cikini telah memberikan kepuasan kepada seorang pasien?
Batasan Masalah:
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada
tingkat kepuasan konsumen/pasien terhadap pelayanan bagian Unit Rawat Jalan RS
PGI Cikini.
Tujuan Penelitian:
Untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen/pasien
terhadap pelayanan Unit Rawat Jalan RS PGI Cikini.
Metodologi Penelitian:
Data Penelitian:
Objek dalam penelitian ini adalah Bagian Rawat
Jalan RS PGI Cikini yang bertempat di jalan Raden Saleh Jakarta Pusat, Data
diperoleh dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 100 responden yang
menjadi pasien bagian Unit Rawat Jalan RS PGI Cikini.
Variabel Penelitian:
Data yang digunakan menggunakan kuesioner dengan 5
dimensi yaitu:
1) Keandalan: Segala kemampuan
untuk melaksanakan pelayanan jasa yang telah dijanjikan secara pasti. Misalnya:
pemberian jasa pelayanan kepada pasien, ketepatan waktu pelayanan yang
diberikan kepada pasien.
2) Daya tanggap: Reaksi
tanggapan yang cepat dalam memberikan bantuan kepada pasien. Misalnya:
kecepatan perawat melayani pasien, antisipasi yang dilakukan perawat tehadap
pasien.
3) Jaminan: Segala pengetahuan,
etika, dan kemampuan petugas untuk menimbulkan kepercayaan pasien. Misalnya:
jaminan keselamatan dan kenyamanan pasien, keramahan perawat dan dokter dalam
melayani.
4) Empati: Perhatian khusus yang
diberikan dokter dan perawat kepada setiap pasien. Misalnya: adanya perhatian
dari perawat kepada pasien, memperlihatkan kesopanan dan keramahan kepada
pasien.
5) Berwujud: Pengetahuan fisik
dari seluruh fasilitas yang disediakan untuk pasien. Misalnya: Kebersihan rumah
sakit, fasilitas ruangan, toilet, dan tempat parkir yang memadai.
Tahapan Penelitian:
Tahapan dalam penelitian ilmiah ini adalah sebagai
berikut:
1) Metode angket: Penulis akan
memberikan beberapa pertanyaan kepada para pengunjung Rumah Sakit, khususnya
bagian Rawat Jalan RS PGI Cikini untuk mendapatkan data yang diinginkan.
2) Metode observasi: Penulis
melihat secara langsung keadaan atau situasi yang terjadi di RS PGI Cikini.
Model Penelitian:
Alat analisis yang digunakan dalam penelitian
ilmiah ini adalah menggunakan Skala Likert dan Chi Square.
Skala Likert adalah analisis yang digunakan untuk
mengukur sikap, pendapat, persepsi seseorang terhadap fenomena social.
Rumus Skala Likert:
NIK = Nilai
Bobot : Kategori Penilaian
dimana : NIK: Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot: (Kategori Penilaian x Bobot
masing-masing)
Chi Square adalah alat analisis yang digunakan
untuk menghitung perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar
terjadi (fo) dengan frekuensi harapan (fe) yang didasarkan pada hipotesis
tertentu.
Rumus
Chi Square:
X2 = S (fo-fe)2
fe
dimana : X2 : Chi Square hitung
fo : frekuensi observasi.
fe : frekuensi harapan.
H0 = Pasien pada RS PGI Cikini tidak puas terhadap
pelaynan yang diberikan.
Ha = Pasien pada RS PGI Cikini
puas terhadap pelaynan yang diberikan.
Untuk mencari fe digunakan rumus:
fe = Pr x Pc x n
dimana : Pr : Proporsi baris total
Pc : Proporsi kolom
n : Jumlah data
Hasil dan Kesimpulan:
Berdasarkan hasil yang telah didapat terdapat 100
responden dari hasil observasi, diperoleh perhitungan dengan Chi2 didapat
nilai X2 hitung lebih besar dari nilai kritis 8771,47 pada a = 5%
sehingga disimpulkan bahwa para pasien Unit Rawat Jalan RS PGI Cikini merasa
puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Selain itu juga dapat dilihat dari Nilai Indeks
Kinerja pada Unit Rwat Jln RS PGI Cikini, dimana faktor yang memberikan
kepuasan terdapat pada dimensi empati, yaitu para pasien merasa dihormati dan
dilayani dengan sangat baik, dan presentase yang bisa disimpulkan yaitu dengan
nilai rata-rata 77,98%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat
kepuasan RS PGI Cikini sudah membuat para pasien merasa puas untuk menggunakan
jasa pelayanan rumah sakit.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar