Kelas : 3EA13
NPM : 15210115
Metode Riset = Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen
Jurnal 3
Judul Jurnal:
Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan RS
Mitra Internasional
Pengarang/Tahun:
Lien Nurwita, 2007.
Latar Belakang:
·
Perkembangan
dunia pelayanan kesehatan mengalami kemajuan dilihat dari banyaknya
instansi-instansi swasta yang bergerak di bidang jasa pelayanan kesehatan
masyarakat salah satunya RS Mitra Internasional.
·
Sebagai
instansi swasta yang begerak di bidang kesehatan, hal utama yang diprioritaskan
yaitu memberikan pelayanan maksimal yang berkaitan dengan kemanusiaan secara
keseluruhan, agar pasien merasa puas.
·
Jika
pasien terpuaskan kebutuhannya, maka pasien tersebut akan berfikir untuk
kembali menggunakan pelayanan jasa tersebut dan menjaga hubungan baik dengan
pihak RS. Dengan begitu dapat mendatangkan keuntungan finansial bagi pihak RS
Mitra Internasional, karena gaji para karyawan rumah sakit tersebut berasal
dari pasien, maka pihak rumah sakit harus memberikan pelayanan yang baik kepada
pasien dengan melakukan tugasnya secara profesional.
Perumusan Masalah:
Bagaimana pengukuran tingkat kepuasan terhadap
pelayanan Rumah Sakit Mitra Internasional?
Batasan Masalah:
Batasan masalah dalam penelitian ini adalah pada
tingkat kepuasan konsumen/pasien terhadap pelayanan RS Mitra Internasional.
Tujuan Penelitian:
·
Untuk
mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan RS Mitra Internasional.
·
Apakah
konsumen/pasien puas terhadap pelayanan yang diberikan RS Mitra Internasional.
Metodologi Penelitian:
Data Penelitian:
Objek dalam penelitian ini adalah RS Mitra
Internasional yang beralamat di Jln. Raya Jatinegara Timur No.85. Data yang
didapat berdasarkan kuesioner, diambil dari (Johanes Suprapto) yang dibagikan
terhadap 50 responden.
Variabel Penelitian:
Variabel yang diuji dalam penelitian ilmiah ini
terdiri dari 5 dimensi yaitu:
1) Kehandalan: Bagaimana ketepatan
dan kecepatan dokter dan perawat dalam menangani pasien.
2) Keresponsifan: Bagaimana
kepekaan dokter dan perawat terhadap pasien rawat inap.
3) Keyakinan: Bagaimana
pengetahuan dan kemampuan dokter dan perawat dalam menangani pasien.
4) Empati: Bagaimana kemampuan
perawat dalam memahami pasien yang sakit.
5) Berwujud: Bagaimana kualitas
bangunan atau tempat, kualitas kamar, toilet, dan kenyamanannya.
Tahapan Penelitian:
Tahapan dalam melakukan penelitian ilmiah ini
adalah sebagai berikut:
Riset Lapangan (Field Research)
·
Wawancara:
teknik pengumpuln data yang dilakukan dengan cara tanya jawab kepada responden
pada RS Mitra Internasional.
·
Kuesioner:
menggunakan kuesioner yang disiapkan untuk wawancara dengan responden RS Mitra
Internasional.
·
Observasi:
dengan mendatangi RS Mitra Internasional untuk mendaptkan data yang diperlukan.
Model Penelitian:
Model penelitian ini adalah menggunakan Chi Square dan
skala Likert.
Chi Square adalah alat analisis yang digunakan
untuk menghitung perbandingan antara frekuensi observasi atau yang benar-benar
terjadi (fo) dengan frekuensi harapan (fe) yang didasarkan pada hipotesis
tertentu.
Rumus
Chi Square:
X2 = S (fo-fe)2
fe
dimana : X2 : Chi Square hitung
fo : frekuensi observasi.
fe : frekuensi harapan.
H0
= Pasien pada RS Mitra Internsional tidak puas
terhadap pelaynan yang diberikan.
Ha = Pasien
pada RS Mitra Internasional puas terhadap pelayanan yang diberikan.
Untuk mencari fe digunakan rumus:
fe = Pr x Pc x n
dimana : Pr : Proporsi baris total
Pc : Proporsi kolom
n : Jumlah data
Skala Likert adalah alat analisis yang digunakan
untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau kelompok orang
tertentu tentang fenomena sosial.
Rumus Skala Likert:
NIK = Nilai
Bobot : Kategori Penilaian
dimana: NIK: Nilai Indeks Kerja
Nilai Bobot: (Kategori Penilaian x Bobot
masing-masing)
Hasil dan Kesimpulan:
Dari observasi 50 responden yang mencakup 15
pertanyaan dari 5 dimensi pelayanan yang diberikan RS Mitra Internasional
kepada pasien, hasil yang di dapat dengan menggunakan Chi-Square dapat
diketahui bahwa pelanggan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh RS
Mitra Internasional dari perhitungan yang di dapat X2 54,78643 lebih
besar dari X2 table 21,0261 pada a = 10%.
Kesimpulannya RS Mitra Internasional telah
melakukan pelayanan yang cukup baik sehingga pelanggan merasa puas terhadap
pelayanan jasa yang diberikan oleh RS Mitra Internasional.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar